Contoh Menulis Pendahuluan Buku Non Fiksi

Apa saja contoh pendahuluan buku non fiksi? Pertanyaaan tersebut seringkali muncul pada penulis pemula yang akan memulai menulis.

Dalam menulis buku non fiksi mempunyai beberapa rincian yang memang harus diperhatikan oleh penulis.

penulis

Hal tersebut perlu dilakukan supaya buku non fiksi yang ditulis layak diterbitkan oleh penerbit. Tak perlu bingung, simak informasi tentang pendahuluan pada buku non fiksi berikut ini.

Pendahuluan Buku Non Fiksi

Dalam menyusun sebuah buku non fiksi maka Anda perlu mengetahui tentang rincian apa saja yang harus termuat didalamnya.

Perlu Anda ketahui bahwa buku non fiksi terdiri dari beberapa bab.

Bab yang ada dalam buku non fiksi tersebut terdiri dari 3 hal penting yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Lalu apa saja contoh pendahuluan dalam buku non fiksi?

Contoh pendahuluan buku non fiksi diantaranya adalah sampul buku. Sampul buku merupakan bagian dari unsur buku non fiksi yang memuat judul buku, nama penulis, dan nama penerbitnya.

Tak hanya itu biasanya juga diserta dengan tahun terbit dan edisi. Selain sampul buku, pendahuluan buku non fiksi berikutnya adalah pokok bab buku.

 Pokok bab buku berisi tentang kata pengantar yang menjelaskan tentang bagaimana isi buku secara keseluruhan, latar belakang tema buku dituliskan, serta tujuan penulisan buku tersebut.

Pada kata pengantar biasanya disertai ucapan terimakasih penulis kepada pihak yang sudah berjasa membantu penulis dalam penyusunan buku tersebut.

Pendahuluan buku non fiksi berikutnya yaitu judul bab dan sub bab. Adapun judul bab dan sub bab tersebut biasanya termuat pada bagian daftar isi.

Daftar isi adalah penjelasan dari judul-judul bab dan sub bab yang disusun secara urut dengan keterangan nomer halamannya. Dengan adanya daftar isi maka bisa memudahkan pembaca.

Demikian informasi tentang pendahuluan buku non fiksi.

Dengan Anda memperhatikan berbagai rincian dari unsur-unsur penyusunannya maka Anda akan menghasilkan buku yang baik yang bisa memudahkan pembaca dalam memahami isi buku.

Sehingga tujuan dan maksud penulis akan bisa tersampaikan dengan baik pula kepada pembaca. Semoga informasi terkait dengan contoh pendahuluan buku non fiksi tersebut bermanfaat.

Temukan informasi menarik seputar Buku, Novel, cerpen dan opini literasi di halaman situs Mustakim.org, GRATIS.