5 Cara Mengatasi Plugged In Not Charging

Pernahkah Anda mengalami kondisi yang mengakibatkan laptop tidak terisi dayanya karena proses charging tidak terdeteksi? Jika pernah, pasti sangat jengkel bukan?.

Lanjutkan membaca untuk mengetahui cara mengatasinya

Sudah menunggu beberapa jam, setelah dicek ternyata baterai masih 0% dan belum terisi sama sekali. Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya adalah kondisi baterai yang sudah menurun kualitasnya.

Selain itu. Ada beberapa kondisi lain yang berhubungan dengan hardware seperti kabel charger atau adaptor. Bisa juga disebabkan oleh software atau sistem di windows yang bermasalah.

Agar dapat mengetahui penyebab pastinya, perlu dilakukan beberapa pengecekan. Oleh karena itu, simak cara mengatasi plugged in not charging pada laptop melalui artikel di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Plugged in Not Charging

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kondisi baterai tidak terisi meski kabel charge sudah ditancapkan.

Mulai dari masalah hardware hingga software. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut:

Advertisements

Uninstall Driver API Baterai

Uninstall Driver API Baterai

Cara ini dilakukan untuk menginstal ulang driver baterai pada Windows yang mungkin saja terkena virus atau mengalami corrupt, sehingga Windows tidak lagi mengenali baterai yang ada pada laptop.

Untuk melakukan cara ini, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

  1. Cabut charger laptop dari stop kontak (listrik).
  2. Sementara matikan terlebih dahulu laptop Anda.
  3. Lepaskan baterai yang ada pada laptop.
  4. Nyalakan kembali laptop dalam kondisi tanpa terpasang baterai.
  5. Jika sudah masuk pada bagian Desktop, langsung saja menuju Device Manager dengan cara tekan Start > klik kanan pada Computer > pilih Properties.
  6. Setelah jendela Properties terbuka, pilih Device Manager.
  7. Selanjutnya Anda akan melihat jendela Device Manager terbuka. Pilih kategori Batteries (biasanya terletak paling atas), kemudian klik.
  8. Akan muncul beberapa driver, pilih Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery. Kemudian klik kanan pada pilihan tersebut dan klik Uninstall.
    Matikan laptop Anda dan lepaskan chargernya.
  9. Pasangkan kembali baterai laptop dan juga charger.
  10. Hidupkan laptop Anda.
  11. Selanjutnya, masuk ke Device Manager dan klik kanan pada kategori Batteries.
  12. Pilih Scan for Hardware Changes. Sistem selanjutnya akan mendownload driver yang cocok dengan baterai laptop Anda dan menginstalnya.
  13. Setelah proses repair atau instalasi driver selesai, laptop akan me-restart secara otomatis atau bisa juga dilakukan secara manual.
  14. Lihatlah pada status baterai di laptop Anda, jika sudah bisa mengisi artinya cara ini berhasil.

Baca juga Cara Download Itunes di Laptop

Uninstall Software/Aplikasi Manajemen Power

Terkadang aplikasi power management tidak berjalan sesuai dengan sistem Windows, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam menampilkan status pada baterai.

Oleh karena itu, cobalah untuk menguninstal aplikasi-aplikasi power management yang ada di laptop Anda.

Cek Kondisi Baterai/Charger Laptop

Baterai dan Charger Laptop

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek baterai/charger laptop Anda. Cobalah untuk meminjam charger dari teman atau kerabat yang memiliki jenis atau setidaknya bisa berfungsi di laptop Anda.

Advertisements

Jika lampu indikator pengisian daya menyala, artinya charger tidak bermasalah. Namun jika baterai masih tidak terisi, bisa jadi baterai laptop Anda memang sudah harus diganti.

Adaptor Terlalu Panas

Hal berikutnya untuk memastikan charging yang tidak bekerja adalah dengan memastikan bahwa adaptor charger Anda berfungsi dengan normal.

Terkadang adaptor yang terlalu panas dapat membuat proses charging sedikit terganggu. Untuk itu, cobalah mematikan laptop sejenak dan lanjutkan proses pengisian daya beberapa saat kemudian.

Lihat juga Cara Ganti Background Online Otomatis

Baterai Dicabut saat Laptop Menyala

Cara kelima ini tidak begitu dianjurkan sebenarnya, namun jika Anda ingin menerapkan cara ini memang perlu sedikit trik.

Untuk melakukannya Anda bisa melepaskan baterai dari tempatnya dalam keadaan kabel charger masih terhubung ke listrik dan laptop sudah dinyalakan.

Advertisements

Secara umum kondisi laptop gagal charging memang beragam faktornya, maka semua cara mengatasi plugged in not charging di atas bisa Anda dicoba.

Mungkin saja cara pertama tidak berhasil, tetapi bisa jadi cara kedua atau seterusnya justru cocok dan berhasil untuk kasus yang Anda alami.

Baca juga Cara Mengatasi Windows License Expired