Cara Reset Printer Epson L210

Meskipun kita sudah berada di era digital, penggunaan media cetak masih tetap dibutuhkan untuk beberapa keperluan. Salah satunya adalah penggunaan surat resmi untuk keperluan administratif.

Oleh sebab itu, peran printer baik itu untuk keperluan rumahan maupun untuk instansi seperti sekolah ataupun pemerintahan masih sangat penting.

Salah satu merek printer yang cukup sering digunakan adalah Epson L210. Meski begitu, merek ini juga tidak bisa terlepas dari masalah yang sering dialami oleh printer-printer lainnya.

Untuk itu, perlu dilakukan beberapa perlakuan khusus agar printer bisa kembali normal. Salah satunya dengan reset.

Di artikel ini akan dijelaskan cara reset printer Epson L210 secara jelas dan mudah untuk diikuti.

Cara Reset Printer Epson L210

Ketika printer mengalami error atau hanya berkedip tapi tidak melakukan proses printer, hal yang biasa dilakukan adalah dengan meresetnya.

Untuk melakukannya tidak bisa sembarangan. Berikut ini adalah cara mereset printer Epson L210 dengan benar :

Cara Manual Reset Printer Epson L210

Untuk cara manual, diperlukan beberapa tindakan yang harus Anda lakukan agar proses reset dapat berjalan dengan baik.

Untuk melakukannya juga tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

  1. Jika printer dalam keadaan menyala, matikan terlebih dahulu dengan menekan tombol Power.
  2. Setelah itu, cabutlah kabel power setidaknya selama 5 menit.
  3. Kemudian, tancapkan kembali kabel dan kembali nyalakan printer dengan menekan tombol Power.
  4. Dalam keadaan printer sedang menyala, tekan Power button dan di saat yang bersamaan tahan Resume button (tombol berlogo tinta). Tahan selama 5 detik dan lepaskan.
    reset manual
  5. Ulangi cara yang sama, tahan selama 3 detik dan lepaskan.
  6. Tunggu beberapa saat agar printer mulai bekerja. Jika cara ini berhasil, biasanya printer akan kembali normal dan proses pencetakan sudah bisa dilakukan.

Cara Otomatis Reset Printer Epson L210

Cara berikutnya dilakukan secara otomatis menggunakan Epson Adjustment Program dan lebih praktis dibandingkan cara di atas.

Langsung saja, untuk melakukan cara ini, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Download aplikasi Epson Adjusment Program melalui link berikut https://rhiel.id/download/resetter-l110-l210-l300-l350-l355-_rhiel_id/
    Resetter
  2. Install aplikasi tersebut dan jalankan. Pilih Select.
    Jalankan Resetter
  3. Tidak lama kemudian akan muncul jendela aplikasi untuk menentukan tipe printer yang akan digunakan. Pilih Epson L210.
    Pilih Tipe
  4. Selanjutnya, akan muncul list fungsi pengoperasian printer, pilih saja waste ink pad counter di bagian Maintenance dan klik OK.
    Waste Ink Pad Counter
  5. Tidak lama berselang Anda akan dihadapkan pada halaman dialog dari waste ink pad counter. Checklist pada bagian Main pad counter dan klik Check.
    Klik Check
  6. Aplikasi tersebut selanjutnya akan menghitung jumlah keseluruhan dari penggunaan printer tersebut sejauh ini. Jumlah akan segera muncul. Jika sudah muncul, checklist kembali Main pad counter, kemudian klik initialization.
  7. Tunggu hingga beberapa menit. Jika cara ini berhasil, maka tidak lama setelahnya akan muncul peringatan agar mematikan komputer atau restart PC.
    Notifikasi Turn Off
  8. Matikan printer dan kemudian nyalakan kembali.
  9. Jika cara di atas berhasil, printer tidak lagi hanya berkedip dan bisa digunakan kembali secara normal.

Notes :
Perlu diingat cara ini dilakukan pada kasus printer hanya berkedip dan tidak mau bergerak setelahnya. Untuk kasus lain mungkin saja cara ini tidak cocok dan bisa menggunakan cara mengatasi lainnya.

Lihat juga :
1. Cara Mengatasi Printer Ready tapi Tidak Bisa Print
2. Cara Mengganti Wallpaper Laptop.


Terkadang berbagai permasalahan pada printer bisa diatasi dengan melakukan reset. Hal yang sama juga terjadi pada Epson L201 ini.

Anda bisa melakukan proses reset dengan menggunakan cara reset printer Epson L210 di atas agar proses reset dilakukan sesuai prosedur.