Cara Aktivasi Windows 7

Windows 7 – Sejak dikeluarkan pada tahun 2009 lalu, dan nyatanya masih banyak diminati hingga kini. Tidak saja karena user interface-nya yang mudah digunakan, Windows 7 juga ringan dan compatible dengan hampir semua aplikasi yang tersedia.

Tak heran jika versi ini masih memiliki banyak pengguna meskipun sudah muncul Windows yang lebih baru, seperti Windows 8.1 dan 10.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Windows 7, hal yang perlu Anda ketahui adalah cara aktivasi Windows 7 itu sendiri. Pasalnya, ada 3 metode aktivasi yang bisa dilakukan sebelum mulai menggunakannya.

Cara pertama adalah dengan menggunakan lisensi resmi dan akan aktif secara permanen, kedua menggunakan Windows Loader (offline) dan ketiga menggunakan CMD.

Cara Aktivasi Windows 7

Setelah menginstal Windows 7 untuk pertama kalinya, Anda akan diberikan masa percobaan selama 30 hari. Selama masa percobaan tersebut, Windows dapat digunakan dengan lancar tanpa adanya peringatan aktivasi.

Namun, ketika masa percobaan telah habis, Windows akan memberikan peringatan untuk melakukan aktivasi. Dua cara aktivasi yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

Advertisements

Aktivasi Menggunakan Product Key

Jika Anda telah membeli Windows 7 secara resmi Anda akan mendapatkan Product Key yang dikirim ke email Anda.

Hasilnya, Windows yang sudah Anda aktivasi dengan cara ini bisa digunakan secara permanen tanpa perlu khawatir akan muncul peringatan aktivasi lagi.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Klik tombol Windows (Start) di sudut kiri bawah layar monitor Anda. Selanjutnya, klik kanan pada Computer > Properties.
    Windows-Property
  • Tidak lama setelahnya akan muncul jendela yang menunjukkan bahwa Windows 7 yang Anda gunakan masih belum diaktivasi dan meminta untuk segera melakukan aktivasi.
  • Langsung saja klik pada tulisan Activate Windows Now, kemudian tunggu beberapa saat.
    Activate Windows Now
  • Setelah itu, akan ada kolom isian yang meminta Anda untuk mengisikan Product Key yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Isi kolom tersebut lalu klik Next. Tunggu beberapa saat untuk proses verifikasi.
    Product-Key
  • Jika verifikasi Product Key berjalan dengan lancar, akan muncul pemberitahuan yang menyatakan Activate Success. Selanjutnya, Windows Anda sudah bisa digunakan seutuhnya tanpa ada notifikasi aktivasi Windows lagi.

Lihat juga Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

Aktivasi Menggunakan Windows Loader

Untuk cara berikut ini, Anda harus mengunduh file Windows Loader  terlebih dahulu sebelum menjalankan proses aktivasi.

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut https://official-kmspico.com/download-windows-loader/

Advertisements
Windows-Loader

Jika sudah berhasil diunduh, selanjutnya ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pastikan Anda telah mematikan semua antivirus maupun Windows Defender yang ada pada PC/laptop Anda.
  2. Matikan koneksi internet dari wifi, LAN, dan semua jenis koneksi yang memungkinkan PC/laptop Anda terhubung ke internet.
  3. Non-aktifkan juga Windows Firewall. Untuk melakukannya, klik Start > Control Panel > Pilih Windows Firewall dan pilih opsi Turn off Windows Firewall.
  4. Setelah semua antivirus dan pelindung Windows mati, selanjutnya Anda bisa menjalankan Windows Loader. Klik kanan pada file Windows Loader yang sudah diunduh, lalu pilih Run as Administrator.
  5. Selanjutnya, Anda bisa klik Install pada jendela Windows Loader untuk memulai aktivasi. Tunggu beberapa saat sampai proses aktivasi selesai.
  6. Setelah proses instalasi selesai akan muncul pemberitahuan Installation Complete. Klik OK dan Windows Loader sudah bisa Anda keluarkan.
  7. Restart PC Anda.
  8. Setelah proses restart selesai cek kembali halaman informasi Windows Anda, caranya klik Start > Klik kanan pada Computer > Properties. Jika berhasil, Windows Anda akan memiliki keterangan GENUINE.
  9. Sampai di sini Anda bisa mengaktifkan kembali Windows Defender, Windows Firewall, dan antivirus yang ada di PC Anda.

Menggunakan Windows 7 masih sangat dianjurkan meskipun sudah keluar versi yang lebih baru. Hal itu lantaran Windows 7 masih tergolong mumpuni untuk menjalankan banyak aplikasi penting saat ini.

Jika Anda terkendala masalah aktivasi, cara aktivasi Windows 7 di atas bisa Anda coba. Demikian totorial yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.