Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

Windows License – Salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah Windows.

Hal ini lantaran sistem operasi tersebut sudah sangat familiar di kalangan pengguna computer, bahkan sejak awal tahun 2000-an.

OS terbaru mereka adalah Windows 10, yang kini sudah compatible dengan hampir seluruh aplikasi pendukung ataupun game keluaran terbaru.

Berbicara soal Windows, terkadang ada beberapa hal yang mengganggu penggunanya. Salah satunya adalah peringatan tentang lisensi Windows yang akan kadaluarsa sebentar lagi.

Biasanya, peringatan tersebut akan selalu muncul saat komputer dinyalakan. Untuk itu, simak cara mengatasi Your Windows License Will Expire Soon melalui artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

Windows Licensi Will Expired

Windows 8 dan Windows 10 sering mengalami hal ini. Penyebabnya, bisa karena proses aktivasi sebelumnya yang menggunakan aktivator seperti KMSPico, dengan masa aktif yang hanya 180 hari saja.

Advertisements

Bisa juga karena menggunakan lisensi promo, sehingga masa aktifnya terbatas. Agar peringatan tersebut tidak muncul lagi, Anda bisa mencoba cara berikut:

Menggunakan Task Manager

Menggunakan Task Manager

Cara yang pertama untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan Task Manager. Secara lengkap akan dijelaskan melalui langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka Task Manager dengan cara klik kanan pada taskbar dan pilih Start Task Manager. Anda juga bisa melakukannya dengan menekan Ctrl + Shift + Esc.
  2. Cari dan pilih aplikasi Windows Explorer pada tab Processes. Selanjutnya, Anda bisa klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Restart atau End Task.
  3. Masih di jendela Task Manager, pilih File di bagian atas. Lalu pilih New Task (Run…) pada kolom Run tersebut, ketik explorer.exe, lalu Enter atau klik OK.
  4. Buka Command Prompt dan jalankan aplikasi tersebut sebagai administrator.
  5. Pada halaman CMD, ketik slmgr –rearm, lalu Enter.
  6. Biasanya, akan muncul Command Completed Successfully dan perintah untuk restart komputer, klik OK.

Baca juga 

Ada dua kemungkinan yang terjadi setelah Anda melakukan cara di atas. Pertama, Windows akan berstatus activated, dan yang kedua, Windows akan berstatus not activated.

Jika kondisi kedua yang terjadi, maka Anda harus melanjutkan dengan menggunakan aktivator untuk mengaktivasi Windows tersebut.

Menghapus Lisensi pada Windows

Menghapus Lisensi pada Windows

Cara mengatasi Your Windows License Will Expire Soon selanjutnya bisa dilakukan dengan menghapus lisensinya.

Advertisements

Caranya, yaitu dengan menggunakan aplikasi Command Prompt. Untuk melakukannya, ikuti langkah demi langkah yang akan dijelaskan berikut ini :

  1. Jalankan command prompt. Buka sebagai administrator.
  2. Pada jendela CMD, ketik slmgr /upk dan tekan Enter.
  3. Tidak lama Anda akan menemukan tulisan uninstalled product key successfully.
  4. Selanjutnya klik OK.
  5. Restart PC/Laptop Anda secara manual.

Setelah PC/Laptop Anda berhasil direstart, pesan Windows terkait license akan hilang. Lantaran lisensi Windows sudah dihilangkan dari komputer Anda, maka aktivasi Windows perlu dilakukan dengan menggunakan aktivator.

Menggunakan Aktivator

Activator Windows

Cara mengatasi masalah pesan Windows license yang sering muncul terakhir adalah dengan menggunakan aktivator.

Cara ini adalah yang paling sering dilakukan oleh banyak orang, karena bisa mengaktifkan Windows secara permanen, sehingga notifikasi lisensi Windows yang akan berakhir masa berlakunya tidak akan muncul lagi.

Kesimpulan

Anda bisa menerapkan cara mengatasi Your Windows License Will Expire Soon untuk mengatasi masalah lisensi Anda.

Jika Anda ingin menghilangkan secara permanen dan dengan cara yang resmi, maka Anda bisa membeli Windows lengkap dengan serial numbernya. Tentu itu akan jauh lebih aman.

Advertisements