Cara Cek Bootloader Xiaomi

Setiap perangkat Android pasti memiliki Bootloader yang memiliki tugas menginstruksikan kernel operating sistem agar dapat booting dengan baik.

Karena android menggunakan sistem operasi yang open source dan menggunakan hardware yang berbeda-beda sehingga membuat setiap pabrikan mempunyai sistem bootloader yang berbeda.

Untuk mengetahui apakah Bootloader di HP Xiaomi anda sudah dalam kondisi sudah unlocked atau masih locked anda bisa mengikuti beberapa metode cara cek yang akan kami bahas pada artikel ini.

Biasanya cara-cara ini dilakukan oleh pemilik dan pengguna Xiaomi yang ingin melakukan kostumisasi (oprek) pada perangkatnya, seperti install Rom, ganti font, ganti splash screen dan lain lain atau pun untuk membuka akses Root.

Disini admin akan memberikan 3 pilihan cara yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah untuk mengetahui status Bootloader pada HP Xiaomi yang anda gunakan, yaitu melalui PC/laptop, tanpa PC, dan lewat Booting.

Cara ini bisa diterapkan di semua seri miui baik itu 7, 8, 9, 10 ataupun yang terbaru yakni miui 11.

Advertisements

Setelah tau status bootloader mungkin anda mau coba unlock bootloader xiaomi

Cek Status Bootloader Via PC

  1. Pastikan PC/laptop yang anda pakai sudah terinstall ADB Fastboot.
  2. Selanjutnya matikan HP Xiaomi milik anda .
  3. Kemudian nyalakan kembali dan masuk ke fastboot mode dengan cara tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan, sampai muncul logo Xiaomi.
  4. Hubungkan HP Xiaomi tersebut ke PC/laptop dengan kabel Usb (usahakan kabel original bawaan HP)
  5. Selanjutnya buka folder ADB yang sudah anda install yang berada di C:\adb
  6. Setelah folder tersebut terbuka, pada kolom kosong tekan SHIFT + Klik Kanan lalu pilih Open command window here.
  7. Masukkan perintah CMD berikut ini
    fastboot oem device-info
    lalu tekan Enter
    fastboot oem device-info
  8. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Keterangan :

  • True berarti telah Terbuka / Unlock Bootloader (UBL)
  • False berarti masih Terkunci / Locked Bootloader

Jika cara diatas menurut anda cukup ribet, maka anda bisa menggunakan cara yang lebih simpel tanpa membutuhkan PC sebagai alat bantunya.

Anda bisa Cek Status Bootloader (UBL) Xiaomi lewat pengaturan HP Xiaomi. Tetapi cara yang satu ini bisa anda gunakan pada HP Xiaomi yang menggunakan OS MIUI 8 / 9 sampai 10 / 11.

Cek UBL Xiaomi Melalui Developers Options

  1. Aktifkan fitur Developer Option dengan cara buka Pengaturan lalu pilih Tentang Ponsel.
  2. Selanjutnya tap 7 kali pada bagian MUI Version sampai muncul notifikasi selamat anda sudah menjadi pengembang.
  3. Jika sudah, langsung saja masuk Menu Developer Option, yang ada di Pengaturan > Setelan Tambahan > klik pada bagian Opsi Pengembang
  4. Selanjutnya buka Mi Unlock Status.
    mi unlock status
  5. Jika ada gambar gembok terbuka, itu berarti sudah Unlocked.
  6. Apabila gambar gembok masih terkunci itu berarti Bootloader masih Locked.

Lihat juga Cara Pasang TWRP Redmi 2

Cek Bootloader Xiaomi Lewat Booting

Sebenarnya ini adalah cara yang paling mudah banget, tetapi hanya bisa pada beberapa versi MIUI saja. Sepertinya mulai ROM MIUI 9 keatas sudah memiliki fitur yang satu ini.

Advertisements

Untuk cara cek UBL Xiaomi adalah dengan melakukan Restart pada Xiaomi anda, lalu tunggu beberapa saat. Pada proses booting nanti akan muncul tulisan Unlocked atau Locked pada bagian bawah layar .

Baca juga Cara Relock Bootloader Xiaomi

Apabila terdapat gambar gembok terbuka dan tulisan Unlocked itu berarti Bootloader sudah terbuka. Jika yang muncul gambar gembok yang masih terkunci, itu berarti belum Unlock Bootloader.

Cara Membedakan Fake UBL

Mungkin Anda pernah dengar atau bahkan mengalami sendiri, statusnya terlihat sudah unlock. Tapi ketika dicek atau coba install twrp tetap tidak bisa.

Nah mungkin status device anda saat ini adalah Fake UBL. Nah cara ceknya pun gampang sekali.

Perhatikan peringatan kecil dibawah layar saat xiaomi mu booting. Jika tidak tertulisa unlocked maka status saat ini adalah terkunci. Pun begitu sebaliknya.

Advertisements

Itulah tadi 3 cara yang bisa anda praktekan sendiri untuk mengetahui apakah HP Xiaomi anda sudah dalam, kondisi Unlock Bootloader atau belum.

Gunakan saja cara yang paling mudah dan simpel, kalau hasilnya belum diketahui bisa menggunakan cara yang sedikit rumit seperti cara pertama.